CORONG NUSANTARA MEDIA

Menyampaikan Suara berimbang menjadi lebih berarti

Otoritas refund tiket citilink belum ada kejelasan

CORONG – JAKARTA ūüĒä Pandemi corona tak hanya berdampak pada maskapai penerbangan tapi juga para penumpang. Misalnya soal hak penumpang yang belum dipenuhi maskapai, terutama tentang refund tiket. Maka Sebagai gantinya, maskapai hanya memberikan voucher yang dapat digunakan untuk penerbangan di lain waktu.

Hal ini dilakukan oleh maskapai Citilink Dalam rangka mendukung Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 H, 

Bagi penumpang yang melakukan pemesanan tiket melalui agen maka para penumpang bisa langsung hubungi travel agen terkait Guna melakukan pengajuan refund tiket tersebut, Sedangkan untuk pembelian melalui website Citilink dapat menghubungi call center di 0804 1 080808 untuk pengajuan reschedule atau email di refund@citilink.co.id untuk pengajuan refund.

Hal tersebut dipaparkan oleh Direktur Utama Citilink Juliandra dalam siaran resminya yang diterima redaksi, Jumat (24/04). 

‚ÄúCitilink akan terus memantau terkait situasi dan kondisi mengenai pandemi Covid-19 dan akan terus melakukan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid 19,” paparnya.

“Kami berharap dengan pemberhentian sementara operasional penerbangan pada periode tersebut akan membuat percepatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dan menjadikan Indonesia segera pulih kembali dari pandemi Covid-19 ini,‚ÄĚ tambah Juliandra.



Sementara itu, Rika yang merupakan salah satu Customer Service Representative traveloka mengatakan bahwa penerbangan yang telah dibatalkan oleh pihak maskapai adalah merupakan otoritas pihak maskapai. 

” Perlu kami informasikan bahwa pembatalan jadwal yang terjadi merupakan otoritas pihak maskapai” ungkapnya. 

Jika penumpang kurang berkenan dan ingin mengajukan refund, maka silakan menghubungi pihak maskapai Citilink di nomor 0804 1 080808 dengan waktu pelayanan 24 jam, untuk mengetahui kebijakan pengembalian dana penumpang”. Tambahnya

Pemberitahuan pembatalan penerbangan

Pada kesempatan yang sama, Abdul salah satu penumpang di bandara Halim yang datang dari Banjar Patroman (24/04) sekitar jam 04:00 dan bertujuan Pulang ke Palembang jam 10:45 menggunakan pesawat Citilink QG 86 yang Kini terkena dampak Penghentian penerbangan merasa dirugikan dengan pelayanan citilink, masalahnya dari pihak citilink tidak bisa membantu dalam hal refund tiket untuk dirinya. 

“Saya dapat pemberitahuan Pembatalan penerbangan melalui email tanggal 24 April sekitar jam 08:30, kemudian saya coba mengajukan refund tiket saya no order 630652756 melalui aplikasi traveloka sejak pagi. namun ketika upload dokumen di aplikasi tampilannya selalu error. Kemudian saya hubungi call center traveloka juga selalu sibuk dan tidak bisa terhubung.” ungkapnya. 


Keterangan error ketika pengajuan refund di aplikasi traveloka

” Saya juga sudah meminta bantuan kepada customer service citilink Di lantai 2 bandara Halim Perdana kusuma, namun jawabannya mereka tidak bisa bantu masalah refund karena refund bukan otoritas citilink melainkan itu tanggungjawab agen traveloka dan pihaknya juga tidak bisa bantu solusi penerbangan lainnya” katanya. 

Selain mencoba menghubungi traveloka termasuk pengajuan refund di aplikasi traveloka, saya juga terus berulang ulang naik turun ke citilink di lantai 2, tetapi tetap saja saya tidak mendapatkan bantuan pelayanan dari mereka, namun Anehnya ada beberapa penumpang citilink yang bisa dibantu oleh petugas citilink, bahkan saya melihat dan mendengar sendiri, ada seseorang dari citilink berbicara melalui Tlp yang katanya dia menghubungi manager traveloka untuk membantu refund tiket Salah satu penumpang citilink yang gagal berangkat. 

Kemudian ada juga penumpang yang transit dari surabaya tujuan Palembang, dia dibantu meneruskan perjalanan dengan menggunakan pesawat batik air tujuan Lampung tanpa dibebankan Biaya tambahan. Tuturnya. 

Saya terus mencoba menghubungi traveloka sebagai agen penjualan tiket, Melalui email, tlp, dan kontak di aplikasi traveloka Akhirnya jam 15:34 saya baru mendapat jawaban di pesan aplikasi traveloka sebagai berikut : ” Dengan ini kami ingin menginformasikan sehubungan dengan Peraturan Menteri Perhubungan NOMOR: 97/SP/IV/BKIP/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri guna mencegah penyebaran COVID-19, bahwa hingga saat ini, kami masih belum menerima informasi terbaru dari maskapai terkait status penerbangan Anda dengan nomor pesanan 630652756. ” 

Dengan adanya jawaban tersebut saya tambah bingung sebab pemberitahuan pembatalan penerbangan sudah diinfokan tgl 24 sekitar jam 08:30 melalui email, tapi kok sudah jam 15 lebih katanya belum ada Informasi dari citilink. dan saya coba lagi tanya lagi ke pihak citilink Di lantai 2 bandara Halim, namun jawabannya tetap sama, mereka tidak bisa bantu refund tiket dan solusi penerbangan lainnya. ” paparnya.

Ruang customer service citilink lantai 2 bandara Halim Perdanakusuma

Akhirnya, Karena sepertinya traveloka dan citilink tidak ada kerjasama untuk membantu penumpang dan pelanggan secara adil dan sama rata, maka saya berkunjung ke kantor angkasa pura disamping kantor polisi di sekitar bandara HLP, saya pun menceritakan permasalahan yang saya alami, dan meminta solusi penerbangan serta saya minta ijin tinggal di sekitar bandara sampai saya bisa Pulang ke palembang, karena saya tidak punya saudara ataupun tempat untuk tinggal di Jakarta ini. 

namun sayang Pihak angkasa pura tidak bisa berbuat apa apa dan tidak bisa membantu saya dalam hal solusi refund tiket dan solusi penerbangan dan tidak bisa ijinkan tinggal di sekitar bandara. 

Akhirnya saya keluar dari wilayah bandara dan istirahat di pinggir jalan yang sepi. Dengan kejadian ini saya berharap agar para pihak dapat berlaku adil kepada semua pelanggannya, baik dilakukan secara terbuka ataupun tertutup. Biarlah kejadian ini cukup menimpa saya yang mungkin akan menjadi gelandangan di sekitar bandara hingga bisa balik ke Palembang nanti, dan resiko keamanan Seluruhnya saya serahkan kepada yang berwenang di wilayah bandara” Pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *