CORONG NUSANTARA MEDIA

Menyampaikan Suara berimbang menjadi lebih berarti

Cegah Penyebaran Covid 19, Komplek PHDM Indah Membuat Karantina Mandiri

CORONG – PALEMBANG πŸ”Š Warga masyarakat yang berdomisili di Komplek PHDM Indah, Kalidoni Palembang membuat terobosan sangat penting dan bagus dalam hal pencegahan penyebaran Virus Covid 19 yang kian hari semakin meningkat baik jumlah orang terpapar maupun terdampak akibatnya.

Terobosan ini merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Ketua Rw. 01 bersama Ketua Rt. 04, Rt. 05 dan Rt. 42 Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni Kota Palembang. Dalam SKB tersebut tercatat dalam mencermati perkembangan penyebaran Covid 19 dan dampaknya terhadap keselamatan warga serta menindak lanjuti himbauan pemerintah tentang guna mencegah meluasnya Covid 19 khususnya warga komplek PHDM.

Seperti yang diutarakan oleh Ketua Rw. 01, H. Tabrani Ilyas saat diwawancarai wartawan,Senin (20/04/20) mengatakan bahwa karantina mandiri ini dibuat berdasarkan protokol pemerintah menyangkut kondisi yang ada khususnya di Kecamatan Kalidoni, serta berdasarkan usulan dari tiga RT tadi maka dibuatlah hal itu.

“atas usulan tiga Rt tersebut maka kita bergerak cepat membuat karantina mandiri tersebut khusus untuk komplek ini yang terdiri kurang dari 300 rumah, tentu dalam operasionalnya kita tetap melibatkan warga karena warga yang tahu kondisi sebenarnya.

Selain itu kita juga menghimpun donasi yang dilakukan warga dengan mengumpulkan sumbangan untuk pembelian sembako yang sembakonya sudah kita bagi-bagikan kepada warga yang sangat membutuhkan seperti penjaga keamanan komplek ini”.

Pada tahap awal ini kita lakukan selama 14 hari kedepan dan akan kita lihat perkembanganya lalu nanti kita lakukan tahap selanjutnya. Kepada warga komplek diharapkan untuk selalu memakai masker dan akan kita cek setiap orang yang masuk serta diharapkan pengertiannya bahwa ini dilakukan demi kita bersama, ujar H. Tabrani Ilyas menambahkan.

Terkait pemberlakuan karantina mandiri ini, ketua Rt. 04, Ir. H. Riadi Effendy menghimbau kepada warga masyarakat jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak jangan keluar rumah dulu, jangan menerima tamu dulu serta keluar masuk rumah menggunakan masker dan selalu mencuci tangan.

Kita juga menghimbau kepada warga orang tua yang memiliki anak sekolah diluar supaya jangan disuruh pulang ataupun pulang juga akan kita lakukan isolasi mandiri.

Ketua Rt. 42, Alimin Bassi sedikit menambahkan yang pada prinsipnya yakni satu kita akan melakukan berbagai upayah dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid 19, salah satunya seperti ini,karantina mandiri, dengan langka ini komplek kita bisa terhindar Civid 19.

Selain itu, Ketua Rt. 05, Syahri Paku Alam saat dimintai keterangan mengatakan kita sebagai ketua Rt sudah mendengar himbauan pemerintah dan menjalankan yang sudah diprogramkan.

Seperti atas usulan tiga Rt tadi maka lahirlah karantina mandiri di komplek kita ini.Ketua gugus tugas karantina mandiri komplek PHDM Kalidoni, Drs. H. Kamil Nawawi, MM, mengatakan bahwa ini merupakan turunan dari himbauan pihak Kelurahan Kalidoni yang mana Rw bersama tiga Rt tadi membentuk gugus tugas penyegahan Covid 19 Komplek PHDM untuk bisa memutus mata mantai penyebaran virus Covid 19 sehingga diharapkan dengan adanya ini paling tidak memberikan contoh bagi komplek-komplek yang lain.

Ketua pengawas satgas komplek PHDM, H. Nurudin Hanafia, ST, MT, mengatakan alhamdulilah kita mendapat instruksi dari ketua Rw dan Ketua Rt dilingkungan kita yang pada prinsipnya kita melakukan pengawasan terhadap warga.

Untuk itu diperlukan juga kerja sama warga masyarakat untuk bisa melakukan apa yang sudah ditetapkan oleh kita bersama sehingga kita bisa mencegah penyebaran Covid 19 ini supaya tidak sampai ke warga masyarakat komplek PHDM. (afan)

KOMENTAR