CORONG NUSANTARA MEDIA

Menyampaikan Suara berimbang menjadi lebih berarti

Disnakertrans Sumsel Buka Pendaftaran Kartu Pra Kerja Mandiri

CORONG – SUMSEL ­čöŐ Menyikapi banyaknya masyarakat Sumatera Selatan yang kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian akibat terdampak dari Covid 19 ini, mendorong Pemerintah Provinsi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumsel bergerak cepat membantu masyarakat yang ingin membuat kartu pra kerja.

Seperti kita ketahui bahwa program kartu pra kerja ini merupakan program Pemerintah Pusat yang diusulkan oleh Presiden Jokowi. Pada awalnya pembuatan kartu ini akan dilakukan secara offline, tetapi kemudian diubah menjadi online karena Indonesia mengalami penyebaran Covid 19.

Menurut Ir. H. Mansyur Husin, Msi selaku Kepala Bidang Pelatihan Dan Produktivitas Disnakertrans Provinsi Sumsel saat dimintai keterangan diruang kerjanya pada, Selasa (14/04/20) mengatakan bahwa program ini awalnya adalah program Kementerian Tenaga Kerja dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang berkompetensi dan sertifikasi dengan sistem pelatihannya offline dilakukan di Balai Latihan Kerja atau BLK milik pemerintah maupun swasta yang sudah terakreditasi. Setelah adanya wabah Covid 19 ini maka pemerintah pusat mengubah kebijakan dengan melakukan cara pendaftaran dan pelatihannya secara online.

Ir. H. Mansyur Husin, Msi menambahkan untuk dana pelatihan yang diberikan Pemerintah Pusat tersebut akan langsung masuk ke rekening yang bersangkutan dan akan mendapatkan informasi dari email. Dana tersebut akan diperoleh peserta sebanyak 600 ribu selama empat bulan, sementara 1 jutanya akan diberikan kepada lembaga tempat mereka melakukan pelatihan. Jadi uang tersebut tidak berada di Dinas Disnakertrans melainkan ditransfer langsung oleh pusat.

Untuk data peserta kartu pra kerja yang sudah masuk pendaftaran dan dikirim oleh Disnakertrans ke pusat berjumlah sebanyak 84.070 se Sumatera Selatan. Setelah ada informasi dari Menko Perekonomian bahwa pembukaan secara online disetiap daerah masing-masing. Disnakertrans Provinsi Sumsel dalam hal ini telah menyiapkan satu tempat bagi mereka yang ingin mendaftarkan diri kartu pra kerja secara online dan apabila sudah terdaftar maka akan dikirim dan diverifikasi oleh pusat.

Bagi masyarakat yang sekarang tidak bekerja maka dipersilahkan untuk membuat kartu pra kerja tersebut di kantor Disnakertrans dengan persyaratan seperti membawa HP android dan KTP, memakai masker dan mencuci tangan serta menjaga jarak.

Adapun yang menjadi kendala saat pembuatan kartu tersebut, Mansyur Husin mengatakan kendalanya adalah masyarakat banyak yang tidak mengerti dan bagi mereka yang tidak mengerti bagaimana caranya, pihak dinas telah menempatkan beberapa orang sebagai operator untuk membantu masyarakat.

Ir. H. Mansyur Husin, Msi pun berharap kepada masyarakat Sumsel untuk dapat mengikuti program ini terutama bagi mereka yang ter PHK dan yang dirumahkan atau para pencari kerja baru yang terdampak Covid agar nantinya bisa mendapatkan peluang kerja yang disalurkan oleh Balai Latihan Kerja. (afan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *