CORONG NUSANTARA MEDIA

Menyampaikan Suara berimbang menjadi lebih berarti

Target 2020 PDAM Akan Pasang 12.000 Sambungan Bagi Pelanggan Baru

CORONG – PALEMBANG ­čöŐ Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat Palembang, Pemerintah Kota melalui PDAM Kota Palembang tahun 2020 ini akan melakukan pemasangan jaringan baru aliran air PDAM dan pembangunan Booster guna memberikan layanan air bersih bagi pelanggan yang belum terpasang jaringan di Kota Palembang.

Jaringan baru tersebut akan tersebar didalam kota khususnya bagi pelanggan yang belum dialiri air PDAM. Seperti yang diungkapkan oleh Andi Wijaya Adani, Direktur Utama PDAM Kota Palembang saat diwawancarai wartawan pada (18/03/20) mengatakan, “tahun ini akan ada penambahan pemasangan sambungan baru jaringan air PDAM bagi 12.000 pelanggan baru yang belum terpenuhi kebutuhan air bersih dari PDAM. Dimana diantaranya sekitar 2.700 sambungan baru akan mendapatkan subsidi pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Sehingga bagi masyarakat yang ingin memasang air bersih PDAM silahkan daftar di unit pelayanan terdekat dengan biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- dan akan di surve oleh pihak PDAM”.

Andi Wijaya juga mengatakan, hal ini dilakukan karena melihat dari tahun 2019 yang lalu jumlah pelanggan PDAM Kota Palembang berjumlah 290.990 sambungan rumah dengan diameter air mencapai 4.076 liter perdetik dan akan bertambah lagi ditahun berikutnya.

Selain penambahan sambungan baru, dengan menunggu penyertaan modal dari pemerintah maka PDAM akan meneruskan pembangunan Booster Tegal Binangun tahap II dengan pemasangan pipa serta pembelian dan pemasangan pompa. Selain di Tegal Binangun, Booster juga akan dibangun di Karang Anyar.

Dalam hal pengawasan, dan untuk mengatasi kehilangan atau adanya pencurian air,maka PDAM telah berupaya dengan menggunakan material pipa HDPE atau Hidencity Poly Etilen yang tidak bisa disambung sendiri oleh konsumen. Kemudian ada tim OPAM yang selalu bergerak, serta PDAM menugaskan 100 orang pembaca meteran air.

“Tetapi pencurian air ini sifatnya skala kecil karena sekarang masyarakat sudah sadar akan pentingnya kebutuhan air bersih”,ujar Andi Wijaya menambahkan.

Apabila konsumen ada keluhan, gangguan ataupun masalah terhadap pelayanan PDAM, maka silahkan menghubungi pihak perusahaan dengan call centre 0711 355222 yang siap melayani konsumen sampai jam 22.00 wib.

Untuk penyertaan modal PDAM akan mengevaluasi kembali berupa aset-aset yang dikelola dan yang sudah terinventarisir, dengan harapan bisa menambah keuntungan bagi PDAM ditahun depan. Andi Wijaya mengatakan, keuntungan PDAM di tahun 2019 sebesar 56 Milyar Rupiah untuk PAD kota Palembang, sehingga besar harapan ditahun 2020 ini semua berjalan dengan baik dan lancar.

“selaku Direktur Utama PDAM Kota Palembang,saya menghimbau kepada seluruh konsumen untuk berhemat air bersih karena produksi air kita dibawah kebutuhan pelanggan serta jangan ada tunggakan karena akan merepotkan kita semua. Kita berharap di tahun 2022 nanti permasalahan air bersih di kota Palembang selesai, sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati air bersih dengan baik”,ujar Andi Wijaya menambahkan. (afan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *