CORONG NUSANTARA MEDIA

Menyampaikan Suara berimbang menjadi lebih berarti

Dalam Rangka Reses ESP Sambangi PU PRKP Palembang

CORONG – SUMSEL πŸ”Š Edi Santana Putra atau ESP yang merupakan anggota DPR RI Komisi V dari Partai Gerindra kali ini berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan pada 13/03/20.

Kunjungannya kali ini di Palembang dengan beberapa agenda seperti ke Dinas Perhubungan Kota Palembang dan Dinas PU PRKP. khususnya Di dinas PU PRKP Palembang ESP berdiskusi dengan Kepala Dinas beserta staf tentang pembangunan, baik pembangunan jalan, pertamanan maupun perumahan rakyat.

Edi Santana mengatakan dalam satu minggu ini dirinya melakukan kegiatan reses di daerah pemilihannya. “ini bukan liburan atau cuti tapi bekerja keras menyerap aspirasi dan untuk melihat lebih dekat apa-apa yang akan dilakukan oleh mitra Komisi V DPR RI kedepan. Dalam kunjungan ke Dishub Kota Palembang kita membahas tentang lalu lintas, dan di dinas Perkim kita lihat ada program-program yang sudah didiskusikan seperti perbaikan lingkungan kawasan, kota ku, kota tanpa kumuh atau penataan rumah kumuh, tapi itu rata-rata infrastruktur baik sekala besar maupun kecil”.

ESP pun berharap dalam hal ini pemerintah kota harus pro aktif karena ini ada anggota DPR RI dari dapilnya Palembang.

Dalam lawatannya ke PU PRKP ini ESP mengatakan dengan menjelaskan tentang program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS seperti contoh pembangunan rumah tidak layak huni menjadi layak huni, syukur-syukur ada bantuan dan swadaya masyarakat karena dananya hanya Rp.17.500.000,- /rumah. Dengan menggunakan dana APBN, 4000 rumah yang mendapatkan bantuan BSPS Sekarang sedang finalisasi, program ini mudah-mudahan bulan depan sudah terealisasi. khusus Kota Palembang mendapatkan jatah bantuan sekitar kurang lebih 600 rumah.

ESP berharap kepada pemerintah Kota Palembang dan dinas terkait harus menyiapkan lahan yang mana untuk masuk uang APBN itu supaya tidak ada kesulitan.

Selain itu, kepala dinas PU PRKP, Affan Mahalli saat diwawancarai mengatakan sangat berterima kasih dan menyambut baik kedatangan ESP selaku anggota DPR RI.
Affan menyampaikan terkait pembahasan rapat bersama ESP tadi merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Kota Palembang dengan Komisi V dalam hal pembangunan. “khusus program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang dilakukan adalah perbaikan-perbaikan atau pembenahan-pembenahan misalnya bangunannya dari kayu maka diganti dengan batu,atapnya rusak bocok diperbaiki yang akan dilakukan oleh balai Praskim SNVT. Kami akan memfasilitasi, mendampingi dan berkolabirasi dalam hal pendaftaran supaya berjalan dengan lancar”.

Untuk program “Kota Ku” Pemerintah Kota Palembang untuk tahun 2020 ada tujuh Kelurahan yang masuk dalam penanganan Kota Palembang yang akan difasilitasi pemerintah berkolaborasi dengan Balai Prasarana Permukiman dari Kementerian. Untuk anggaran persatu lokasi Kota Ku bisa mencapai kurang lebih 1 miliyar yang akan dilaksanakan oleh Satker SNVT.

Kita berharap dengan kedatangan bapak Edi Santana tadi supaya bisa memberikan atensi atau mendorong serta pemberian dana yang besar untuk program lainnya ke kementerian PU PR seperti pemenuhan program ruangan terbuka hijau atau RTH, program mempercantik wajah kota, penataan taman-taman kota, pembangunan air-air mancur menari serta ruang terbuka publik lainnya, ujar Affan menambahkan. (afan)

KOMENTAR