CORONG NUSANTARA MEDIA

Menyampaikan Suara berimbang menjadi lebih berarti

Kesbangpol Jembatani Para tokoh dalam diskusi FPK.

 

Dalam upaya meningkatkan kesadaran berbagai elemen masyarakat terhadap pentingnya integrasi bangsa dalam kehidupan masyarakat yang majemuk, Badan kesatuan bangsa dan Politik kota Palembang menggelar diskusi dan dialog Forum pembauran kebangsaan di Gedung atiyasa convention center wayhitam palembang (5/11/2019). 

Kota Palembang sebagai kota multi etnis tentunya perlu mengantisipasi potensi konflik yang mungkin terjadi, untuk itu upaya menciptakan integrasi bangsa perlu dilakukan dalam berbagai bentuk, Hal tersebut diungkapkan Plt. Kabid Kesatuan Bangsa Dra. Hj. Radiostuti, MM selaku Ketua Panitia. 

Pembauran kebangsaan merupakan bagian dari proses pembudayaan bangsa yang harus di pacu ke arah yang positip dan harus dijiwai dengan sikap mawas diri, tenggang rasa, kerukunan serta memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap kebersamaan dan kesetiakawanan dalam upaya memajukan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat bangsa dan negara” tuturnya. 

Kegiatan diskusi tersebut juga merupakan salah satu upaya BAKESBANGPOL Kota Palembang untuk menjaga Kota Palembang agar tetap menjadi kota zero konflik, sehingga memperbanyak kegiatan-kegiatan yang menyentuh nilai-nilai kebhineka tunggal ika, diantaranya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang arti dari Pancasila” tambahnya.

Kegiatan diskusi yang dibuka oleh walikota Palembang, diwakili Altur Febriansayah, diikuti 200 peserta yang terdiri dari pengurus Forum Pembauran Kebangsaan tingkat kecamatan se Kota Palembang, unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan unsur pemuda tersebut dilaksanakan mulai jam 8:30 sampai jam 13:00, dengan sumberdana dari APBD Perubahan Badan Kesatuan Bangsa Kota Palembang. 

Pada kesempatan yang sama, Salendra selaku peserta dialog,  ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan komunikasi antar elemen masyarakat guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya integrasi bangsa, demi terciptanya persatuan dan kesatuan. 

“Dengan adanya komunikasi, saya juga berharap dapat menjalin silaturahmi antar masyarakat dan semoga pihak pemerintah dapat memberikan jalan dan memberikan fasilitas guna tetap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama masalah ketertiban dan keamanan di masyarakat. “. Tuturnya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tampak hadir selaku narasumber dari Badan Kesbangpol Propinsi Sumatera Selatan, Kasat Binmas Polresta Palembang, Dari Akademisi Fisip unsri, selain itu terlihat hadir pula para pengurus organisasi kepemudaan, karangtaruna, KNPI, dan organisasi Sosial Generasi Penerus Sosial ( GENPENUS ), ketua RT dan RW, serta beberapa Ketua ormas yang mewakili masyarakat dari tiap kecamatan di Kota Palembang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *