CORONG NUSANTARA MEDIA

Menyampaikan Suara berimbang menjadi lebih berarti

Nova menggerutu soal resminya kenaikan iuran BPJS Kesehatan

CORONG.CO.ID – Presiden Ir. Joko widodo resmi menandatangani ( perpres ) Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2019 tentang perubahan atas perpres nomor 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan.

Hal ini, Ramai di perbincangan masyarakat Sumsel hari ini, Diketahui berdasarkan perpres tersebut tertulis dalam pasal 29, iuran Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) meningkat menjadi Rp.42 ribu, dari iuran sekarang sebesar Rp. 25.500 ribu. pemberlakuan perpres ini berlaku pada 1 agustus 2020 mendatang, Berbagai tanggapan muncul di masyarakat menanggapi kenaikan ini.

Pak Nova warga sukarami palembang misalnya, Jumlah anggota keluarga sesuai Kartu Keluarga berjumlah 4 orang harus menanggung iuran Rp.200 ribu saat ini.

Menurutnya, saat ini ia sudah tidak mampu membayar iurannya, alias menunggak lebih dari 3 tahun, bahkan Bpjs kesehatan sampai mengirimkan SMS dan menelpon menanyakan tunggakannya, saya berharap ada keringanan atau jalan keluar untuk tetap mengikuti program Jaminan Kesehatan ini. “ungkapnya.

Saat ditemui redaksi Corong Rabu, 30/10/2019, Ia menambahkan, ” Dengan kenaikan iuran ini jelas tambah memberatkan beban tunggakan jaminan kesehatan, khususnya bagi saya, dahulu ketika usaha wiraswasta saya stabil sebenarnya tidak Keberatan namun sekarang saya kerja serabutan ya dari mana bayarnya”. tuturnya.

Dilain opini, ibu Erna, seorang pendamping kesehatan dari Ormas Relawan Kesehatan (Rekan Indonesia) Palembang, mengatakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan secara lapangan belum tentu menyelesaikan persoalan.
Terkait banyak faskes dan Rumah Sakit klaimnya yang belum dibayar BPJS Kesehatan. Atau, masih ada ditemukan pembedaan pelayanan kesehatan di Faskes faskes antara peserta umum dan peserta BPJS Kesehatan.
Belum lagi, konflik opini masyarakat sumsel yg sebelumnya menikmati program berobat gratis beralih ke peserta BPJS Kesehatan” tegas ibu erna. (av)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *